BERITA TEKNOLOGI | berita teknologi komputer masa depan - BERITA TEKNOLOGI 1 | BERITA TECHNOLOGY | TECHNOLOGY NEWS

Breaking

About Me

Example.com - Your ACME Website Winner

Rabu, 17 Juli 2019

BERITA TEKNOLOGI | berita teknologi komputer masa depan

Percepat Transformasi Digital, Pemerintah Kolaborasi Dengan AWS

BERITA TEKNOLOGI | Beberapa acara pengembangan digital di Tanah Air yang diselenggarakan tahun ini menjadikan pendidikan digital sebagai konsentrasi utama. Salah satu perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat, Amazon Web Services (AWS) juga telah memberitahukan rencana program peningkatan kemampuan komputasi awan dalam rangka mengakselerasi proses transformasi digital Indonesia.
Tahun ini, program pendidikan sepertinya menjadi instrumen urgen dari keseriusan pemerintah dalam menyukseskan pengembangan teknologi digital di Indonesia.

Betapa tidak, sesudah tahun kemudian momen perubahan mengarah ke digitalisasi ditandai dengan sekian banyak  upaya pengenalan segala urusan yang berhubungan dengan Revolusi Industri 4.0, kini, konsentrasi pihak-pihak yang berkepentingan dalam mendorong Indonesia mengarah ke negara berbasis digital mulai mengerucut ke fase mengedukasi.

Baca juga : perkembangan teknologi masa kini

Adapun, menurut keterangan dari studi Bank Dunia berjudul Preparing Information and Communications Technology (ICT) Skills for Digital Economy (March 2018), Indonesia diperkirakan akan membutuhkan sembilan juta ekstra Sumber Daya Manusia kerja yang terampil dan semi terampil di bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi dalam rentang tahun 2015 sampai 2030.
Baca juga :Distributor Kopi 

Direktur PT Metrodata Electronics Tbk., Sjafril Effendi, menjelaskan, pendidikan literasi digital ketika ini menjadi urusan yang sedang digencarkan tidak terlepas dari besarnya kesempatan yang dipunyai oleh Indonesia. Sjafril menilai, urusan itu dapat disaksikan dari tingginya sokongan pemerintah, swasta, dan masyarakat, serta hadirnya ketersediaan pasar.

"Jadi, anda tidak akan takut kelemahan talenta digital," ujarnya dalam sesi diskusi di kantor PT Metrodata Electronics Tbk., di Jakarta, Selasa (16/7/209).

Baca juga : berita teknologi marketplace

Adapun, permintaan terhadap tenaga kerja berliterasi digital di Indonesia terbilang paling tinggi. Pasalnya, perusahaan-perusahaan rintisan yang tidak sedikit bermunculan serta semakin beragamnya layanan teknologi digital yang dipakai oleh perusahaan menciptakan keperluan akan tenaga kerja yang melek digital, sampai-sampai digencarkannya program pendidikan di Tanah Air menjadi suatu keharusan.

Adapun, sejumlah acara pengembangan digital di Tanah Air yang diselenggarakan tahun ini menjadikan pendidikan digital sebagai konsentrasi utama. Salah satu perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat, Amazon Web Services (AWS) juga telah memberitahukan rencana program peningkatan kemampuan komputasi awan dalam rangka mengakselerasi proses transformasi digital Indonesia.

Dalam program tersebut, AWS berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia dan instansi pelatihan berhubungan lainnya, tergolong lembaga edukasi dan anggota AWS Partner Network (APN) yang turut mengerjakan investasi dalam inisiatif untuk menolong sumber daya insan Indonesia.

Baca juga : perkembangan teknologi terbaru di dunia

Gunawan Susanto, Country Leader PT Amazon Web Services Indonesia (AWS Indonesia) mengatakan, dengan membuka basis talenta secara masif melalui sekian banyak  inisiatif peningkatan kemampuan di bidang komputasi awan, AWS dipercayai dapat membina bakat talenta digital Indonesia, yang pada kesudahannya akan menambah potensi ekonomi negara.

"Sumber daya insan kerja yang siap dengan kemampuan komputasi awan di masa depan ialah salah satu pilar dalam mendorong perkembangan ekonomi negara," ujarnya dalam acara AWS Cloud Day di Jakarta (16/7).

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menilai dalam menghasilkan tenaga kerja yang kompeten dan kompetitif guna mendorong perkembangan ekonomi Indonesia, pengembangan sumber daya insan yang melek digital mesti menjadi prioritas.

Kementerian Ketenagakerjaan sendiri disebutkan tengah konsentrasi dalam mengembangkan pelatihan vokasi, untuk menghasilkan lebih tidak sedikit talenta digital yang berkompeten.

Baca juga : berita teknologi tentang jaringan komunikasi

Dia menambahkan, tanggung jawab guna mendorong serta memperkuat kualitas tenaga kerja Indonesia mesti dilaksanakan secara bersama-sama baik tersebut oleh institusi pendidikan, pelaku industri, dan pemerintah.

Kementerian Ketenagakerjaan disebutkan juga membuka peluang bekerjasama dengan pelaku industri laksana AWS, untuk meyakinkan bakal semakin tidak sedikit sumber daya insan Indonesia yang mempunyai akses terhadap pelatihan kemampuan komputasi awan, cocok dengan keperluan industri.

Di samping itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Rudiantara menuliskan ada keperluan mendesak di Indonesia guna dilakukannya percepatan pengembangan kemampuan dalam bidang teknologi di semua Indonesia untuk menjangkau visi Industri 4.0.

Baca juga : kuliah komputer di jakarta utara

Komputasi awan, jelasnya, menjadi salah satu kemampuan yang sangat penting dan paling dibutuhkan. Dia memperkirakan, Indonesia akan memerlukan 600 ribu talenta digital per tahun sampai tahun 2030, dan urusan itu terus diburu oleh pemerintah dengan memprakarsai sekian banyak  program, tergolong program Digital Talent Scholarship.

“Untuk memenuhi keperluan ini, kami berkolaborasi dengan AWS selaku penyedia layanan komputasi awan untuk menciptakan kurikulum berbasis cloud guna sekolah menengah dan kejuruan," ujarnya (16/7).

Dengan gencarnya program pendidikan guna membuat talenta yang cakap secara digital dalam persiapan menghadapi Revolusi 4.0 di bidang manufaktur dan industri, Indonesia diinginkan dapat mempercepat visi dan misinya dalam menjadi di antara dari 10 negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada 2030.

Baca juga : kuliah komputer di jakarta barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar