BERITA TEKNOLOGI | berita teknologi informasi terupdate - BERITA TEKNOLOGI 1 | BERITA TECHNOLOGY | TECHNOLOGY NEWS

Breaking

About Me

Example.com - Your ACME Website Winner

Jumat, 05 Juli 2019

BERITA TEKNOLOGI | berita teknologi informasi terupdate


Hasil gambar untuk 5 Teknologi MotoGP yang Tak Ada di Motor Produksi Massal

berita teknologi informasi terupdate - MotoGP sekitar ini tidak jarang kali dikenal dengan ajang pacu motor terbaik di dunia. Wajar saja, mereka menghadirkan seluruh aspek terbaik dari industri sepeda motor, demikian pula dengan kesebelasan yang tergabung di dalamnya, mulai mekanik sampai pembalap.

Tentu guna membangun tersebut semua membutuhkan ongkos yang tinggi. Namun, semua penggemar MotoGP dapat melihat teknologi baru dan terbaik di industri sepeda motor, bahkan yang tak terdapat pada motor buatan massal.

Mengutip dari Motowish.com, inilah 5 teknologi pada MotoGP yang tak ada pada motor buatan massal:
Mesin MotoGP barangkali bukanlah mesin sepeda motor terkuat di dunia. Kapasitasnya pun lumayan umum, 4-silinder 1.000 cc dan mempunyai 3 konfigurasi, V4, L4, dan inline. Namun, jantung penggerak tersebut ialah yang sangat inovatif.
Setiap mesin yang berlaga di MotoGP dapat menghasilkan tenaga lebih dari 250 hp dan dapat melaju dengan kecepatan lebih dari 350 km/jam. Akselerasi dan suara yang didapatkan pun bertolak belakang dengan motor buatan massal.

Untuk menjinakkan tenaga 250 hp dan melambat dari 300 km/jam ke 75 km/jam dalam 3-4 detik tentu diperlukan rem yang hebat. Karena itu, rem pada motor MotoGP ialah yang terbaik di industri motor.

Kaliper rem monoblok ini berasal dari pabrikan ternama dunia, sebut saja Nissin dan Brembo. Piringan cakramnya pun diciptakan dari bahan khusus, yakni karbon yang dapat melepas panas dengan cepat.

Lengan ayun atau swing-arm pada MotoGP pun yang terbaik dan sangat inovatif di dunia. Komponen ini tercipta dari karbon dan belum terdapat 1 juga motor buatan massal yang mengadopsinya.

Baca juga : teknologi terbaru audio visual

Di samping itu, suspensi pada motor MotoGP pun mempunyai sistem yang bertolak belakang dengan motor pada umumnya. Hal ini dikarenakan situasi sirkuit dan desakan yang mesti ditahan ketika berbelok maupun mengerjakan pengereman.

Tentu yang dimaksud dengan sistem elektronik pada motor merupakan otaknya dan dinamakan sebagai ECU. Perangkat berikut yang memampukan motor MotoGP dapat berakselerasi dan melaju dengan cepat.

Kompnen ini pun mengatur pengereman, suspensi, serta sekian banyak  sensor di motor, termasuk ekuilibrium motor. Saat ini, Magneti Merelli menjadi pabrikan yang menyuplai ECU di ajang MotoGP.

Aerodinamika pada MotoGP semakin diperhitungkan. Karena itu, sekian banyak  tim mulai mencantumkan komponen baru mempunyai nama winglet sejak sejumlah tahun kemudian yang lantas berevolusi menjadi aero-fairing.

Mulanya komponen ini dipakai oleh Ducati dan sempat menuai kontroversi. Akhirnya pihak MotoGP mengizinkan part itu asalkan adalah1 unsur dengan fairing. Kini memang ada sejumlah motor dengan aero-fairing tetapi tak sejumlah MotoGP.

Baca juga : perkembangan teknologi informasi di dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar