BERITA TEKNOLOGI - berita teknologi terupdate - BERITA TEKNOLOGI 1 | BERITA TECHNOLOGY | TECHNOLOGY NEWS

Breaking

About Me

Example.com - Your ACME Website Winner

Senin, 10 Juni 2019

BERITA TEKNOLOGI - berita teknologi terupdate

Bendera Cina.

Kasus Huawei, China Peringatkan Microsoft Hingga Samsung


berita heboh dunia hari ini - Pemerintah Cina memperingatkan perusahaan teknologi besar tergolong Microsoft dan Dell dari Amerika Serikat dan Samsung dari Korea Selatan. Para perusahaan teknologi itu akan menghadapi konsekuensi yang mengerikan andai menuruti larangan administrasi yang diberlakukan Pemerintahan Presiden Donald Trump berhubungan Huawei.
Berdasarkan keterangan dari New York Times mengutip seorang sumber yang mengekor pertemuan itu pada Sabtu (8/6), peringatan itu dikatakan dalam pertemuan yang dilangsungkan pada Selasa dan Rabu. Sebelumnya Beijing memberitahukan telah membuat susunan perusahaan dan individual yang 'tak bisa dipercaya', yang dirasakan sebagai teknik untuk menjawab pemerintahan Trump sebab memutuskan rantai penjualan Huawei, raksasa elektronik Cina, di Amerika.

Pembuat semikonduktor Arm of Britain dan SK Hynix dari Korea Selatan, pun diundang dalam pertemuan tersebut.

Pertemuan dipimpin oleh badan perencanaan ekonomi pusat Cina, Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional, dan dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Perdagangan dan Kementerian Industri dan Teknologi Informasi, yang mengucapkan sambutan untuk sejumlah perusahaan yang mengekspor barang ke Cina, menurut keterangan dari dua orang yang akrab dengan pertemuan itu.

Keterlibatan tiga badan pemerintah Cina mengindikasikan adanya koordinasi tingkat tinggi dan bisa jadi persetujuan dari pimpinan sangat atas. Intervensi tersebut tampaknya dirancang guna menggalang dukungan untuk Huawei, meskipun perusahaan tersebut tidak secara eksklusif disebutkan.

Dominic Carr, juru bicara Microsoft di Seattle, menampik mengomentari pertemuan tersebut. Demikian pun Phil Hughes, seorang perwakilan guna Arm di Austin, Texas, dan Dave Farmer, seorang juru bicara Dell di Hopkinton, Mass. Perwakilan guna Samsung dan SK Hynix juga tidak menanggapi permintaan komentar.

Larangan pada Huawei bulan kemudian mengejutkan tidak sedikit orang, sebab menyerang langsung jantung ambisi teknologi Cina. Kini, kedua negara adidaya tersebut tampaknya menciptakan 'senjata baru' untuk mengincar satu sama lain.

"Situasi sekarang paling rumit sebab administrasi Trump, melewati taktik brinkmanship-nya, sudah mengacaukan semua hubungan, komersial dan sebaliknya," kata Scott Kennedy, penasihat senior di Pusat Studi Strategis dan Internasional yang berbasis di Washington yang mempelajari kepandaian ekonomi Cina.

Sementara, Kepala geoteknologi di konsultan Grup Eurasia Paul Triolo menuturkan terdapat persepsi powerful di Beijing bahwa pemerintah AS berniat menumpulkan naiknya teknologi Cina. Ia pun menambahkan bahwa konfrontasi antara kedua negara tersebut mempunyai implikasi politik besar untuk Presiden China Xi Jinping.

"Presiden Xi dan partainya akan dirasakan tidak dapat mempertahankan masa mendatang ekonomi Cina andai konfrontasi dengan Amerika Serikat menghancurkan Huawei dan mencampakkan rencana peluncuran teknologi nirkabel 5G," tutur Triolo.

Secara lebih luas, peringatan yang diciptakan Cina tersebut juga tampaknya adalahupaya untuk menangkal putusnya rantai pasokan yang menghubungkan ekonomi Cina ke semua dunia.

Produksi pelbagai komponen elektronik dan bahan kimia, bareng dengan perakitan produk elektronik, menjadikan negara tersebut sebagai fondasi operasi tidak sedikit perusahaan multinasional terbesar di dunia.

Karena hubungan perniagaan antara Amerika Serikat dan Cina sudah rusak, ada penambahan kekhawatiran di Cina bahwa perusahaan-perusahaan besar akan mengalihkan produksi ke lokasi lain guna menghindari risiko jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar