BERITA TEKNOLOGI | berita teknologi inovasi - BERITA TEKNOLOGI 1 | BERITA TECHNOLOGY | TECHNOLOGY NEWS

Breaking

About Me

Example.com - Your ACME Website Winner

Jumat, 21 Juni 2019

BERITA TEKNOLOGI | berita teknologi inovasi


akan segera dibuka Restoran dengan pelayan-pelayannya adalah Robot. hanya ada di ROBOPARK Jl. Pluit Karang Ayu 1, RT.20/RW.2, Pluit, Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450

-------------------------------------------------------------



berita teknologi inovasi - Sektor transportasi dan logistik di anggap sebagai pasar potensial oleh operator seluler dalam mengembangkan bisnis Internet of things (IoT).

Operator bersaing memberikan penyelesaian terhadap permasalahaan pengelolaan armada transportasi dan logistik.

Berdasarkan data Asosiasi IoT Indonesia diduga pada 2022 ada 400 juta perlengkapan sensor IoT yang bakal terpasang di sekian banyak  sektor. Sekitar 7% dari perlengkapan tersebut atau sejumlah 28 juta diduga akan terpasang di sektor transportasi dan logistik.

Adapun sektor beda yang diduga merasakan guna IoT di Indonesia ialah manukfaktur, kesehatan, asuransi, ritel, komputasi, pemerintahan, transportasi, utilitas, perumahan, dan agrikultur.

Baca juga : 

berita teknologi internet , berita teknologi israel , Teknologi Terbaru Intel , Perkembangan Teknologi Elektronika


Asosiasi IoT Indonesia pun memperkirakan pada pangsa pasar IoT di Tanah Air ditebak mencapai Rp444 triliun pada 2022. Perinciannya, konten dan software senilai Rp192,1 triliun, platform Rp156,8 triliun, perlengkapan IoT Rp56 triliun, dan network Rp39,1 triliun.

Budiharto, SVP-Head of ICT Product & Solution PT Indosat Tbk, menuliskan menurut data International Data Corporation, pasar IoT di sektor logistik dan transportasi menjangkau Rp1,6 trilliun.

Indosat Ooredoo, sambungnya, berkomitmen guna berkontribusi menyerahkan solusi-solusi IoT untuk menyokong pertumbuhan bisnis di sektor ini lewat Nextfleet dan connected car.

Nextfleet ialah aplikasi mobile dan perlengkapan IoT untuk menolong optimalisasi operasional bisnis transportasi dan logistik sampai-sampai lebih produktif dan efisien.

“Nextfleet muncul dengan solusi-solusi baru yang diinginkan dapat membalas tantangan pengelolaan armada di sekian banyak  sektor industri mulai dari ritel, transportasi, logistik, mining, manufaktur, dan agrikultur,” kata Budiharto untuk Bisnis pada Kamis (20/6/2019).

Dia menuliskan IoT yang dikembangkan semenjak 2017 tersebut, sudah merambah bisnis logistik laksana pelacakan transit kargo, cold chain-monitoring, ready-mix fleet management, dan mobile waste-management.

Baca juga : 

Sementara itu, Head Internet of Things PT XL Axiata Tbk. Brian Cakra menuliskan perseroan sudah mengembangkan perlengkapan IoT mempunyai nama Fleetech di sektor logistik dan transportasi .

Brian menuturkan sekurangnya ada 4.000 kendaraan yang terdiri dari kendaraan bermotor, mobil sampai truk, yang telah memakai perangkat Fleetech kepunyaan XL Axiata.

“Sejauh ini telah ada selama 4.000 kendaraan jadi tersebut sekarang yang sedang tumbuh dan anda bawa ke pasar logistik Kalau dari sisi proporsi masih tidak sedikit di mobil,” kata Brian.

Dia menambahkan bisnis logistik adalahbisnis krusial. Tantangan dalam menjual perangkat IoT di sektor logistik, lanjutnya, ialah menilai harga yang tepat dan dicocokkan dengan keperluan klien.

“Soal harga memang agak sensitive. Logistik tersebut dunia yang telah advance, bisnis logisitik punya tidak sedikit kebutuhan,” kata Brian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar