BERITA TEKNOLOGI | berita teknologi berbahasa inggris - BERITA TEKNOLOGI 1 | BERITA TECHNOLOGY | TECHNOLOGY NEWS

Breaking

About Me

Example.com - Your ACME Website Winner

Kamis, 13 Juni 2019

BERITA TEKNOLOGI | berita teknologi berbahasa inggris




berita sains - Lembaga angkasa India mengenalkan pesawat luar antariksa yang akan dikenalkan ke Bulan pada bulan depan.

Pesawat luar antariksa bernama Chandrayaan-2 tersebut adalahpenerus Chandrayaan-1 yang dikenalkan pada 2008 dan melulu bertugas mengorbit Bulan. Adapun Chandrayaan-2 ditargetkan tiba di satelit Bumi tersebut pada mula September 2019.

Dilansir dari BBC, Kamis (13/6/2019), andai misi ini berhasil maka India bakal menjadi negara keempat yang dapat mendaratkan pesawat antariksanya di Bulan sesudah AS, Uni Soviet, dan China.

Selama 14 hari beroperasi di Bulan, Chandrayaan-2 akan mengoleksi data tentang permukaan Bulan serta eksistensi air, mineral, dan susunan bebatuan. Pesawat yang diciptakan oleh Indian Space Research Organization (ISRO) ini ditargetkan mendarat di sekitar kutub unsur selatan Bulan, yang belum pernah didarati sebelumnya.
Reuters mengadukan nama Chandrayaan berarti kendaraan Bulan dalam bahasa Sansekerta.

"15 menit terakhir sebelum tiba akan menjadi momen yang sangat menakutkan untuk kita," ujar Chairman ISRO K. Sivan dalam konferensi pers di Bengaluru, Rabu (12/6).

Alasannya, ada tidak sedikit isu yang bisa dominan terhadap tujuan tersebut tergolong gravitasi, situasi daratan, serta debu Bulan.

Misi Chandrayaan-2, yang tadinya direncanakan menjadi proyek bareng dengan Rusia, diduga menghabiskan dana selama 10 miliar rupee atau selama US$144 juta. Angka ini jauh di atas ongkos Chandrayaan-1 yang melulu US$79 juta.

Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi lumayan agresif dalam kepandaian luar angkasanya.

Agresivitas India meningkatkan ketat kompetisi dalam hal pertumbuhan teknologi angkasa dan tujuan luar angkasa. Pada mula tahun ini, China berhasil mendaratkan Chang'e-4 di sisi terjauh Bulan sementara AS adalahnegara yang dikenal sangat getol di bidang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar