BERITA TEKNOLOGI | berita news teknologi - BERITA TEKNOLOGI 1 | BERITA TECHNOLOGY | TECHNOLOGY NEWS

Breaking

About Me

Example.com - Your ACME Website Winner

Rabu, 19 Juni 2019

BERITA TEKNOLOGI | berita news teknologi

Luar Biasa! Cerdasnya Robot Sophia

Luar Biasa! Cerdasnya Robot Sophia

Namanya Sophia dan dia ialah sebuah robot. Bukan robot biasa, sebab Artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang ditanamkan di otaknya menciptakan Sophia mampu disuruh berkomunikasi dengan manusia.

Sophia memang tidak dapat - atau minimal belum dapat - berlari ataupun berjalan. Namun keterampilan utamanya ialah di kepintaran otaknya.

Ia benar-benar dapat berkomunikasi dengan manusia. Detikcom berpeluang langsung mengobrol dengan Sophia di sela perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol.

"Halo Sophia, apa kabar?" tanya detikcom.

Kemudian obrolan pun dilangsungkan dengan sekian banyak  macam tema. Mulai dari lokasi lahir Sophia, makanan kesayangan di Barcelona, dan sampai hal receh lainnya.

"Sophia, apakah kau dapat memberikan semua pengunjung di depanmu ini suatu senyuman?" ujar detikcom.




"Ya pasti saja, namun coba berikan senyuman terbaikmu dulu ke mereka," kata Sophia balik meminta ke detikcom.

Setelah itu, walau dengan mimik yang masih 'aneh', Sophia menyerahkan senyuman terbaiknya ke barisan pengunjung booth yang penasaran dengannya.

Dalam peluang lain, Sophia berkomunikasi untuk membicarakan isu yang lebih berat dengan pengunjung. Yaitu mulai dari isu apa tersebut 5G, bagaimana dia menyaksikan hubungan robot dengan insan ataupun membicarakan dengan soal intelligent connectivity yang menjadi tema besar MWC 2019.




Dan seluruh isu ataupun pertanyaan tersebut pun mampu dibalas langsung oleh Sophia, robot perempuan "botak" yang paling pintar itu.

Robot Sophia sendiri dibuat oleh perusahaan Hong Kong mempunyai nama Hanson Robotics. Ketika berbincang, Sophia dapat melakukan kontak mata dengan lawan bicaranya. Termasuk mengindikasikan ekspresi senyum dan sedih.

Sophia juga dapat bertanya balik hingga disuruh curhat untuk lantas memberi wejangan untuk manusia yang mengajaknya berbincang. Luar biasa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar