BERITA TEKNOLOGI - teknologi terbaru dan tercanggih - BERITA TEKNOLOGI 1 | BERITA TECHNOLOGY | TECHNOLOGY NEWS

Breaking

About Me

Example.com - Your ACME Website Winner

Senin, 08 April 2019

BERITA TEKNOLOGI - teknologi terbaru dan tercanggih


Tol Langit, Kombinasi Palapa Ring dan Satelit Internet



Sementara Palapa Ring mencapai wilayah utama, masyarakat di wilayah terpencil masih memerlukan akses internet berbasis satelit. 

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memberikan pemaparan mengenai proyek Palapa Ring Paket Barat, Tengah dan Timur di Jakarta, Senin (19/11)

BERITA TEKNOLOGI - Pemerintah terus membina infrastruktur telekomunikasi guna koneksi internet cepat di semua Nusantara. Pembangunan infrastruktur tersebut kemudian diidentikkan dengan istilah ‘Tol Langit’. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, istilah dari ‘Tol Langit’ yang sempat viral sejumlah waktu kemudian adalahkombinasi dari Proyek Palapa Ring dan satelit multifungsi yang dipunyai Indonesia.

“Kami pastikan, di Indonesia tidak bakal ada lagi internet lemot. Ini barang kali yang dinamakan Tol Langit, kombinasi antara Palapa Ring dengan Satelit,” kata Menteri Rudiantara, dilansir dari siaran pers, Kamis (3/4). Berkaitan dengan konstruksi Palapa Ring, Rudiantara menuliskan bahwa Palapa Ring Barat dan Tengah sudah 100% berlalu masa konstruksinya. Sementara, Palapa Ring Timur telah 95%, dan ditargetkan bakal selesai digarap pertengahan tahun 2019. “Pertengahan tahun 2019 ini, seluruh kabupaten dan kota (di semua Indonesia) telah terhubung dengan internet kecepatan tinggi atau broadband,” ujarnya.


Rudiantara pun menyatakan bahwa pemerintah menargetkan Indonesia mempunyai satelit sendiri supaya pelayanan internet lebih optimal. “Kami pastikan sekolah SD, SMP dan SMA terhubung dengan broadband. Bukan melulu dengan internet yang sekarang digunakan ujian nasional berbasis komputer, tapi mesti digunakan untuk proses belajar mengajar,” tuturnya.

Selain kemudahan pendidikan, ia melanjutkan, pemerintah pun meyakinkan 83 ribu kantor desa, lebih dari lima ribu puskesmas, kemudahan Rumah Sakit, kantor Polsek dan Koramil, akan terhubung dengan internet kecepatan tinggi. "Tahun ini Indonesia bakal merayakan hari kebebasan yang ke-74 tahun, pun sekaligus merayakan Indonesia merdeka sinyal," ujarnya. Ia menjelaskan, proyek Palapa Ring guna menghubungkan 514 kabupaten dan kota melewati koneksi internet. Namun, masih tidak sedikit daerah pelosok yang masuk distrik terluar masih membutuhkan kehadiran internet berbasis satelit.

Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (Bakti) menurutnya dapat menyerahkan solusi guna ketersediaan internet di wilayah terpencil.Top of FormBottom of Form "Bakti membangun kemudahan yang tidak di bina operator, telah ada 4.111 titik (terhubung) melewati satelit yang telah kami bangun," katanya. Saat ini, pemerintah pun menyiapkan Satelit Indonesia Raya (Satria) senilai Rp 20 triliun tahun 2022 menjadi di antara solusi guna melengkapi cakupan Palapa Ring. Sebelum itu, pemerintah masih bakal meminjam kapasitas internet satelit dari lima perusahaan sambil menantikan Satria siap operasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar