BERITA TEKNOLOGI - berita heboh dunia hari ini - BERITA TEKNOLOGI 1 | BERITA TECHNOLOGY | TECHNOLOGY NEWS

Breaking

About Me

Example.com - Your ACME Website Winner

Kamis, 18 April 2019

BERITA TEKNOLOGI - berita heboh dunia hari ini

berita teknologi
Pakar Jelaskan Kemunculan Tagar #INAelectionObserverSOS


BERITA TEKNOLOGI - Setelah Penghitungan Cepat, tagar #INAelectionObserverSOS tiba-tiba menjadi topik paling populer di dunia. Jelas, tagar ini menempati urutan pertama di dunia dengan puluhan ribu tweet.

Tagar ini dibuka dari asumsi netizen mengenai serangan siber ke Indonesia sebab pemilu. Netizen berpendapat sebuah video yang katanya mencerminkan serangan siber ke Indonesia tersebut meretas website KPU dan menciptakan perubahan hasil data pemilu 2019.

Sehingga semua warganet meminta bantuan supaya 'menyelamatkan' Indonesia.
Menanggapi kasus ini, Ismail Fahmi, pengamat keamanan cyber dan peneliti di Drone Emprit, menulis kartu video real-time dari serangan cyber bukannya menunjukkan server yang diretas milik Komisi Pemilihan Umum (KPU).


Spekulasi tersebut dicuitkan oleh di antara akun Twitter @MSApunya yang mendakwa server KPU diserang oleh peretas bayaran. 

Embedded video



"Jadi kini kalau disaksikan trend nya soal server KPU, tersebut lagi naik. Ada tanda kekalahan menurut keterangan dari Quick Count, maka nya isu-isu yang lain ditimbulkan terkhusus serangan KPU dihack dan seterusnya hanya tidak seramai sebelumnya," kata Ismail ketika dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (17/4).

"Akibatnya, serangan [kartu video real-time] Kaspersky Lab di seluruh dunia terus terjadi setiap detik, dan ada perusahaan antivirus yang dapat ditangkap hampir secara real time." Serangan virus adalah serangan cyber atau serangan cyber . "

Berdasarkan keterangan dari Ismail, teknik yang digaungkan oleh sejumlah penyokong paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Twitter bertujuan untuk menciptakan kekhawatiran terhadap kinerja KPU yang ketika ini tengah mengerjakan perhitungan suara.

"Cara nya gimana? Cara yang paling mudah mereka tunjukkan ialah pakai tampilan-tampilan teknis yang seolah hacker dan yang paling unik buat awam tersebut sebetulnya format animasi," jelasnya.

Berdasarkan keterangan dari laman sah Kaspersky Lab, Indonesia menempati peringkat ke-9 negara yang paling tidak sedikit mendapatkan serangan siber sejumlah 306.485 serangan. 

Sedangkan yang menempati puncak serangan siber terbesar ialah Rusia, yang mendapat  serangan siber sejumlah 4.962.971 serangan. Disusul China di peringkat kedua, Vietnam, Jerman dan Amerika Serikat. 

Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 telah diadakan kemarin (17/4). Pemilu 2019 kali ini dilaksanakan secara serentak mulai dari calon anggota legislatif (caleg) tingkat kota/kabupaten, provinsi, pusat, perwakilan daerah, sampai pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar