BERITA TEKNOLOGI - berita teknologi nasional - BERITA TEKNOLOGI 1 | BERITA TECHNOLOGY | TECHNOLOGY NEWS

Breaking

About Me

Example.com - Your ACME Website Winner

Selasa, 30 April 2019

BERITA TEKNOLOGI - berita teknologi nasional

Foto ilustrasi

Garuda Jajaki Teknologi Drone Layani Angkutan Kargo


BERITA TEKNOLOGI - Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia tengah menjajaki pengembangan jasa layanan angkutan kargo dengan teknologi drone (unmanned aerial vehicle/UAV).

Garuda Indonesia berencana mengoperasikan sampai 100 unit drone di Indonesia yang adalahkerjasama eksklusif bareng Beihang UAS Technology Co. Ltd yang turut melibatkan sektor industri nasional terutama dari aspek produksi, perakitan armada sampai aspek komersial penunjang lainnya.

Pada hari-hari awal, maskapai pelat merah berencana untuk mengoperasikan tiga unit drone BZK-005 pada kuartal keempat tahun 2019, yang diperkirakan akan mengangkut kargo hingga 1,2 ton pada jarak 5.000 meter di atas permukaan laut.

Direktur Kargo & Pengembangan Usaha Garuda Indonesia Mohammad Iqbal mengungkapkan pemakaian drone menjadi pilihan yang ideal dalam konsentrasi maskapai guna mengoptimalkan potensi pangsa pasar dan penghasilan kargo udara.

Terutama dalam menghubungkan distrik remote dengan kemudahan bandara yang terbatas laksana di Maluku, Papua dan Sulawesi yang kaya dengan marine product.

Dengan teknologi UAV, maskapai bakal menjadi lebih tepat guna dalam urusan konsumsi bahan bakar sekaligus meminimalkan resiko.

Di sisi lain, melewati pemanfaatan teknologi UAV tersebut, investasi guna pengembangan armada menjadi lebih kompetitif bila dikomparasikan dengan jenis armada konvensional guna angkutan kargo udara.

Melalui teknologi UAV tersebut, Garuda Indonesia bakal memiliki keterampilan mengirimkan barang secara door to door yang mencapai seluruh distrik nusantara dalam masa-masa 24 jam.

Saat ini Garuda terus koordinasi intensif bareng seluruh stakeholder berhubungan kajian regulasi sampai tatalaksana operasional teknologi itu dapat berlangsung lancar.

Proses uji jajaki teknologi drone dari sisi kelaikan bandara, landasan udara, navigasi, kendali kemudian lintas udara, meteorologi dan aspek berhubungan rencananya dilaksanakan September 2019.

Penggunaan teknologi drone ini telah membantu menjadikan Garuda Indonesia Indonesia pelopor dalam pengiriman logistik dengan drone di Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan sistem logistik nasional (SISLOGNAS).
“Saat ini Garuda Indonesia adalahpemain utama dalam bisnis kargo nasional. Kami bakal terus berupaya menambah bisnis kargo ini sehingga dapat memberikan akibat positif untuk perusahaan dan masyarakat,” tutue

Garuda akan memperbanyak proporsi penghasilan dari kargo, terutama melalui inovasi teknologi yang dihadirkan melewati layanan drone kargo udara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar