BERITA TEKNOLOGI - berita teknologi komputer - BERITA TEKNOLOGI 1 | BERITA TECHNOLOGY | TECHNOLOGY NEWS

Breaking

About Me

Example.com - Your ACME Website Winner

Selasa, 23 April 2019

BERITA TEKNOLOGI - berita teknologi komputer

Elnusa Kembangkan Teknologi Seismik, Nodal
Elnusa Gunakan Teknologi Nodal guna Tingkatkan Kualitas Data Seismik


berita teknologi komputer - Perusahaan penyedia jasa eksplorasi minyak dan gas bumi (migas), Elnusa, mulai memakai teknologi seismik Ocean Bottom Nodes (Nodal). Teknologi ini dianggap mampu menciptakan ekplorasi migas lebih efektif dan efisien. Direktur Operasi Elnusa Arif Riyanti menuliskan teknologi Nodal menciptakan hasil data seismik menjadi lebih kaya. "Hal ini pastinya baik guna mendapatkan cerminan struktur bawah bumi yang lebih akurat dan karakter reservoir yang lebih baik.” ujar dia laksana dikutip dari penjelasan tertulis, Selasa (23/4).

Teknologi Nodal mempunyai empat komponen sensor dengan keunggulan yaitu dapat menangkap jenis gelombang seismik lebih banyak. Kelebihan lainnya, teknologi itu dapat dipakai secara independen, tidak membutuhkan alat perekaman ekstra (autonomous recording), dan bisa disesuaikan dengan sekian banyak  kebutuhan eksplorasi. Penggunaan teknologi ini adalahbagian dari upaya penambahan kapabilitas Elnusa dalam jasa akuisisi data sesimik baik di darat, zona transisi maupun laut. “Dengan penambahan kapabilitas dan empiris lebih dari 45 tahun, kami yakin dapat mendukung penambahan kapasitas nasional," ujar Arief.

Elnusa mulai memakai Nodal pada survei seismik zona transisi di Blok South West Matindok dan South East Senoro. Perusahaan mengklaim dengan teknologi Nodal, survei eksplorasi migas terbukti bisa lebih efektif dan efisien. Aktivitas survei guna kedua blok berlalu tepat masa-masa pada Desember 2018 dan Maret 2019.

Sebelumnya, untuk meningkatkan kemampuannya, Elnusa juga meluncurkan Bupati Elsa, kapal survei seismik berbendera Indonesia yang dilengkapi dengan 12 pita untuk dijelajahi di lautan besar dan dalam. Kapal itu diperkenalkan pada akhir 2016.

Elnusa adalahperusahaan yang bergerak di bidang jasa hulu migas. Jasa yang diserahkan melingkupi jasa seismik (geoscience services: land, transition zone, and marine serta data processing); pengeboran dan pemeliharaan lapangan migas (drilling and oilfield services); rekayasa, pengadaan, konstruksi, dan perawatan (engineering, procurement, construction and operation maintenance); serta jasa penunjang lainnya. Elnusa pun tercatat mempunyai lima anak perusahaan yang bergerak dalam bisnis jasa penyaluran dan logistik energi dan jasa penunjang lainnya. Beberapa perusahaan migas nasional maupun internasional yang menjadi klien Elnusa, antara beda Pertamina Group, British Petroleum, Conoco Phillips dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar